Rasa bersalah waktu SD yang saya bawa sampai sekarang

Beberapa waktu lalu teringat kenangan buruk waktu SD
yang sampe sekarang masih berdoa, kalo diijinkan Allah saya masih ingin minta maaf ....

"Yon... anak SD sebelah dateng lagi tuh" seru temen-temen saya
Kelas 4 SD waktu itu...
Jadi Ketua kelas saya waktu itu, kayak langganan aja tiap tahun jadi ketua kelas kalo enggak jadi bendahara, jarang jadi sekretaris, maklum tulisan saya ga bagus-bagus amat, tapi hitungan sama jiwa kepemimpinan saya lumayan laah untuk ukuran anak SD
dilatih oleh kedisiplinan tingkat tinggi dan rasa tanggung jawab yang besar sebagai sulung di rumah kayaknya Ketua kelas emang jiwa saya

" ya udah kita usir aja mereka, ngapain coba mereka ke SD kita?" kata saya
" Mereka mau pdkt sama (sebut saja ayu)..." kata temen laki laki saya,
"ieehhhhh anak SD udah mau pedekate" kata saya dalam hati
Masih ga habis pikir sampe sekarang pun, masih suka ketawa Ya Allah ada apa dengan SD sebelah ini yang sukanya pedekate ke SD kita :P
Yang mendatangi kelas kami anak SD sebelah Kelas 5, informasi dari teman-teman saya,
yang diincer temen sekelas saya, yang isinya segenk cantik-cantik,
oh oh saya ga termasuk
saya ya ituu tadi ketua kelas hehehe

anak SD sebelah yang datang ini bukan sendirian yah, segenk juga, entahlah kerasukan apa anak-anak ini,,,,,
"Tutup aja pintunyaa...." teriak saya ke temen-temen cowok saya,
"Mereka ga mau pergi yon, malah maksa masuk..." kata temen saya
Oh iya kabar segenk cantik ini biasa-biasa aja mereka ga peduli-peduli amat tuh ada segerombolan cowok cepet puber yang ngincer mereka, bodo amat, termasuk bodo amat tuh genk SD sebelah tetep maksa masuk kelas....
Kalo ada yang mau tau, kok gurunya ga ada, yess guru saya disini pas lagi ga ada, kejadiannya udah belasan tahun lalu, saya lupa alasan kenapa guru itu ga ada....

segenk kita sebut berandalan itu tetap maksa masuk ketemu temen-temen saya yang cantik,
saya udah habis kesabaran, temen-temen cowo saya juga terlalu lembek untuk ngusir anak-anak itu, karena mereka lebih tua kali yaaa....

lalu kejadian itu terjadi....
saya maju ke depan pintu marah-marah ke gerombolan itu dan ngasih intruksi buat tetep nutup pintu tanpa peduli klo gerombolan itu ada yang teriak "Jari jari jari saya kejepit...."
kejadiannya rame diteriakin kelas sebelah, suara teriakan di luar yang banyak....
saya sama sekali tidak mendengar....
tiba-tiba bu guru saya masuk....
"ada apa ini ribut-ribut....?"
di luar sudah terdegar tangisan...
temen saya menjelaskan kepada guru wali kelas,
saya pucat biass ada anak laki-laki dari gerombolan itu terjepit tangannya di pintu karena saya,
Wali kelas saya ...
Memarahi gerombolan tadi tidak peduli ada yang menangis karena tangannya terjepit,
Gerombolan tadi pergi
menyisakan saya dengan rasa bersalah
Pulang sekolah gerombolan tadi datang lagi ke sekolah menanyakan siapa tadi yang bersikeras menutup pintu,
teman-teman saya bungkam
saya pun bungkam
saya seorang ketua kelas, yang ga punya nyali untuk minta maaf
Kejadian itu berlalu, tapi rasa bersalah saya tetap,,,
Rasa sakit di jari anak itu pun sudah pulih, tapi rasa bersalah saya tetap,,,

Masuk SMP saya bertemu lagi dengannya, anak laki-laki yang tangannya terjepit pintu,
Sekarang kami satu sekolah dia kakak kelas saya, jangan tanya namanya, saya pun masih takut mencari tahu namanya,,,,
jika lewat di depannya saya ga berani mengangkat muka, dia mungkin tidak mengenali saya, tapi rasa bersalah saya tetap,,,,

Sekarang saat saya tahu maaf antar sesama manusi itu tidak bisa diminta ampunannya kepada Allah, saya ingin sekali bertemu dengan anak tersebut, meminta maaf...
Ahhhh apakah dia masih ingat....
Mungkin tidak
Tapi rasa bersalah saya tidak bisa hilang.....
Rasa yang terkadang terlupakan ketika sedang sibuk,
tapi sering muncul ketika sedang introspeksi diri.....
Andai,,
saat itu saya minta maaf...
saya tidak perlu membawa perasaan bersalah ini bertahun-tahun
andai....






Komentar

Postingan Populer